Tidak Mudah untuk Menjadi Guru


Saya adalah seorang guru. Profesi yang sudah saya geluti kurang lebih 15 tahun 2 bulan. Pengalaman mengajar yang sedemikian lamanya terasa belum memiliki ilmu yang cukup untuk bisa dikatakan guru yang baik dan ideal yang diharapkan oleh banyak orang. Karena memang menjadi guru yang baik itu tidaklah mudah. Guru memang harus bisa digugu dan ditiru. Ditiru karena memang harus bisa dijadikan contoh tauladan. Mumpuni dalam hal menyampaikan materi dan ide-ide dalam merangsang motivasi belajar siswa. Pintar dalam mengelola dan menguasai kelas. Apakah itu sudah ada pada diri Anda ?

Pada hari ini, tepatnya tanggal 2 Maret 2010 jam 11.00 WIB penulis mendapatkan kesempatan untuk memberi materi pembelajaran di dalam kelas yang dihadiri oleh tim pengawas dari dinas pendidikan kota Bekasi. Kegiatan ini dilakukan adalah dalam rangka memberikan penilaian bagi guru yang hendak mengikuti sertfikasi guru dalam jabatan. Pemerintah dalam peraturannya yaitu Permendiknas no.18 tahun 2007 tentang setrifikasi guru dalam jabatan menyatakan bahwa dalam Pasal 2 disebutkan  : " Sertifikasi guru dalam jabatan dilaksanakan melalui uji kompetensi untuk memperoleh sertifikat pendidik". Untuk lulus dari sertifikasi guru maka dilakukan penilaian berupa portofolio yang isinya mencakup : 
(Penilaian portofolio sebagaimana dimaksud pada ayat (2) pasal 2 merupakan pengakuan atas pengalaman profesional guru dalam bentuk penilaian terhadap kumpulan dokumen yang mendeskripsikan :

a. kualifikasi akademik;
b. pendidikan dan pelatihan;
c.  pengalaman mengajar;
d.  perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran;
e.  penilaian dari atasan dan pengawas;
f. prestasi akademik;
g.  karya pengembangan profesi;
h.  keikutsertaan dalam forum ilmiah;
i.  pengalaman organisasi di bidang kependidikan dan sosial; dan
j.  penghargaan yang relevan dengan bidang pendidikan.

Itulah komponen yang harus dimiliki guru. Selain itu adalah penilaian tambahan yang tidak tertulis. Yang tidak tertulis itulah yang berat yaitu akhlak mulia yang dicontohkan Rasulullah SAW ( Suri Tauladan untuk seluruh umat manusia ). Sampai sejauh manakah kita memiliki itu semua ? Saya dan Andalah yang tahu itu semua.

Komentar

  1. waduhhh pak jangan kan jadi guru jadi diri sendiri jah susah ,,,,,,,,,,,

    BalasHapus
  2. pak update gi donk foto2nya,,,,

    klo bisa yang tahun 2010 av 3 ya,,,,,,

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

EKSTRA KURIKULER SMK KARYA GUNA 1 BEKASI

SOAL PENGETAHUAN DASAR TEKNIK ELEKTRONIKA

Karya Membanggakan dari Siswa SMK Karya Guna 1 Bekasi