Karya Membanggakan dari Siswa SMK Karya Guna 1 Bekasi

 Tidak ada kata lain kecuali acungan jempol bagi siswa SMK Karya Guna 1 Bekasi. Khususnya bagi siswa program keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Karya Guna 1 Bekasi. Mereka telah berupaya untuk berkreasi dan inovasi dalam membangun sebuah karya yaitu membuat miniatur mesin conveyor pengepakan barang. Mereka diganjar juara 1 Lomba Keterampilan Siswa ( LKS ) di Bandung dengan meciptakan mesin conveyor ini. Seperti apa proses atau cara kerjanya ?

Tingginya tuntutan industri terhadap lulusan SMK mendorong siswa di SMK Karya Guna 1 Bekasi lebih mandiri dan kreatif menciptakan karya-karya inovatif bagi dunia kerja. Menjawab tuntutan tersebut, mereka membuat suatu alat yang sering kita jumpai di dunia industri atau dunia usaha. Alat tersebut berupa miniatur mesin conveyor pengepakan barang. " Mesin miniatur ini berfungsi untuk lebih mengefesienkan siswa dalam belajar. Sehingga siswa dalam belajar dapat melihat langsung bentuk nyata suatu alat , " tutur Ponco Sutikno selaku Ketua Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Karya Guna 1 Bekasi kepada Harian Radar Bekasi.

Gambar : Miniatur mesin conveyor pengepakan barang

Mesin conveyor pengepakan barang adalah mesin yang berfungsi memindahkan barang dari suatu tempat ke tempat lain yang nantinya barang tersebut langsung di-packing. Cara kerja dari mesin ini, barang dari conveyor 1 akan bergerak ke conveyor 2 yang sudah dipasang bak penampungan, bak penampungan ini diatur memuat 5 buah barang, sehingga jika terisi 5 buah barang maka secara otomatis conveyor 1 akan berhenti, dan conveyor 2 akan bergerak membawa ke bak penampungan. Selanjutnya, di ujung conveyor 2 telah menunggu operator untuk merapikan bak penampungan tersebut. 

"Miniatur ini menggunakan kendali PLC ( Programable Logic Control ) sehingga lebih handal, efektif dan efesien karena selain mudah dalam perbaikan juga menghemat tenaga manusia," jelasnya. Tulisan ini telah dimuat pada koran  Harian Radar Bekasi edisi Sabtu, 9 Januari 2010.

Berikut adalah beberapa dokumentasi dari kegitan expo yang diikuti SMK Karya Guna 1 Bekasi Bandung beberapa bulan lalu.

Gambar : Tampak siswa SMK Karya Guna 1 Bekasi ( Indra Bagoes S )menjelaskan cara mesin bekerja kepada pengunjung.

Gambar : Tampak antusias pengunjung stand sub rayon 2 kota Bekasi


Gambar : Tidak ketinggalan karya dari program keahlian Teknik Audio Video SMK Karya Guna 1 Bekasi


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

EKSTRA KURIKULER SMK KARYA GUNA 1 BEKASI

SOAL PENGETAHUAN DASAR TEKNIK ELEKTRONIKA