MENGKRITISI SOAL PRA UJIAN NASIONAL 2010 PROPINSI JAWA BARAT



Tanggal 15 dan16 Pebruari 2010 Siswa SMK Karya Guna 1 Bekasi melaksanakan Pra Ujian Nasional 2010. Pada Hari pertama berjalan lancar tidak ada halangan sedikitpun. Siswa pun kelihatan tenang dalam melaksanakan tes pra UN. Lain halnya guru yang mencermati soal Matematika. Setelah usai mengawas seperti biasanya saya selalu menanyakan tentang tingkat kesulitan soal kepada guru yang mengajar mata pelajara yang diuji. Menurut pak Zaenal (salah satu guru mata pelajaran Matematika) menyatakan kekecewaannya terhadap soal yang diujikan. Pasalnya setidaknya ada 4 soal yang tidak ada jawabanya. Yang dicatat oleh saya soal Matematika no. 4, 7, 32, dan 35.  Kenapa demikian ? Pak Zaenal pun bersungut-sungut tentang hal ini.

Menurut pak Zaenal kenapa tidak ada jawabannya, hal itu karena ada soal yang tidak lengkap. Contohnya soal no. 4 yaitu  : 3 log 16 + 3 log - 5 log 125 = ....Seandainya soal itu lengkap pasti ada jawabannya tandasnya. Kritikan juga datangnya dari pak Mulyanto guru Bahasa Indonesia. Menurutnya ada soal yang cuma copy paste atau sama persis dengan LKS Prediksi Kresna yang diterbitkan Sinar Mandiri pada soal no 50. Sedangkan soal no. 23 menurutynya bentuk soalnya saja tidak memakai kaidah bahasa Indonesia yang  baik dan benar. Ini yang membuat jadi salah kaprah.

Yang menjadi pertanyaannya adalah kenapa soal sekaliber tingkat propinsi tidak melalui anlisa soal yang ketat ? Kenapa juga soal yang muncul soal UN tahun lalu yang memang sebenarnya soalnya tidak layak dikeluarkan (kurang lengkap) masih dicuplik dan dipakai lagi untuk pra UN ? Apakah Dinas pendidikan Propinsi Jawa Barat tidak menganlisis dulu ? Ataukah hanya sekedar melaksankan proyek semata ? Wallahu a'lam Bissawab.
Untuk jadi bahan pelajaran para guru SMK Karya Guna 1 Bekasi bahwa dalam penyusunan soal memang tidak  mudah namun memang harus diupayakan semaksimal mungkin untuk melalui tahapan prosedur dalam membuat rumusan soal. Apa rumusan dan kaidah soalnya tunggu di tulisan yang akan datang.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

EKSTRA KURIKULER SMK KARYA GUNA 1 BEKASI

SOAL PENGETAHUAN DASAR TEKNIK ELEKTRONIKA

Karya Membanggakan dari Siswa SMK Karya Guna 1 Bekasi