HAKIKAT BELAJAR DAN SUMBER BELAJAR

Istilah belajar sudah terlalu akrab dengan kehidupan kita sehari-hari. Di masyarakat, kita sering menjumpai penggunaan istilah belajar seperti : belajar membaca, belajar menyayi, belajar berbicara, dan lain sebagainya. Masih banyak lagi penggunaan istilah, bahkan termasuk kegiatan belajar yang sifatnya lebih umum dan tak mudah diamati, seperti : belajar hidup mandiri, belajar menghargai waktu, belajar menghargai waktu, belajar berumahtangga, belajar bermasyarakat, dan sejenisnya. Kalangan awampun mengetahui makna berbagai istilah belajar tersebut.

Menurut Asosiasi Teknologi Komunikasi Pendidikan(AECT)sumber belajar adalah semua sumber ( baik berupa dat,orang atau benda ) yang dapat digunakan untuk memberi fasilitas (kemudahan) belajar bagi siswa. Sumber belajar itu meliputi pesan, orang, bahan, peralatan, teknik dan lingkungan/latar.

Ditinjau dari tipe atau asal-usulnya, sumbel belajar dapat dibedakan menjadi dua :
1). Sumber belajar yang dirancang (learning resources by design) yaitu sumber belajar yang memang sengaja dibuat untuk tujuan pembelajaran. Contohnya adalah: buku pelajaran, modul, program audio, program slide suara, dll
2). Sumber belajar yang sudah tersedia dan tinggal dimanfaatkan(learning resources by utilization), yaitu sumber belajar yang tidak secara khusus dirancang untuk keperluan pembelajaran. Contohnya:pejabat pemerintah, tenaga ahli, pemuka agama, olahragawan, kebun binatang, waduk, museum, dll.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

EKSTRA KURIKULER SMK KARYA GUNA 1 BEKASI

SOAL PENGETAHUAN DASAR TEKNIK ELEKTRONIKA

Karya Membanggakan dari Siswa SMK Karya Guna 1 Bekasi